Sabtu, 30 Mei 2009

manfaat tae kwon do

Taekwondo adalah salah salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan, hal ini terbuti dari latihan yang tepat waktu, dan selalu konsentrasi dalam mendengarkan aba- aba dari sabeum (pelatih). Selain itu juga dalam Taekwondo kita juga diajari untuk melakukan gerakan yang telah ditentukan dan dilarang untuk coba- coba gerakan yang belum diajarkan hal ini disebabkan karena untuk meminimalkan resiko cedera.
selain disiplin dalam Taekwondo juga diajarkan untuk bersikap saling menghormati. hal ini tertulis dalam janji Taekwondo Indonesia nomor 3 yang berbunyi "Menghormati Pengurus, Pelatih dan sesama Taekwondoin dalam mengembangkn Taekwondo Indonesia". akan tetapi semua itu kembali kepada orang yang melakukannya, apabila bersungguh-sungguh dalam mengikuti Taekwondo maka akan mendapatkan hasil yang maksimal, begitu pula sebaliknya apabila kita hanya coba- coba maka tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pada dasarnya Taekwondo bertujuan untuk mencapai:

1. Budi pekerti

2. Kejujuran

3. Ketabahan

4. Penguasaan diri

5. Semangant pantang menyerah.

Seluruh tujuan Taekwondo Indonesia itu tersuratkan dalam janji tae kon do indonesia yaitu

1. Menjunjung tinggi nama bangsa dan Negara republik Indonesia yang berlandaskan pancasila dan uud 1945

2. Mentaati azas- azas Taekwondo Indonesia

3. Menghormati pengurus, pelatih dan sesame Taekwondoin dalam mengembangkan Taekwondo Indonesia.

4. Selalau berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengembangkan Taekwondo Indonesia

5. Menjadi pembela keadilan dan kebenaran.

Selain janji taekwondo ada juga tata tertib Taekwondo Indonesia yang harus dipatuhi oleh seluruh Taekwondoin yaitu:

1. Bilamana anda memasuki Do Jang berikanlah hormat kepada:

a. Lambang Taekwondo Indonesia/Do Jang tempat berlatih

b. Instruktur/pelatih

c. Senior/sesame Taekwondoin

d. Saat meninggalkan Do Jang

2. Bilamana anda hendak berlatih, masuklah Do Jang dan duduk/ bersikaplah dengan sopan sampai pelatih dating. Jangan meninggalakan Do Jang tanpa seizing pelatih.

3. Jangan mengenakan sepatu, merokok, mengunyah makanan/ permen, tertawa keras dan berkata- kata kotor di dalam Do Jang.

4. Pada saat berlatih, kenakanlah Do Bok yang bersih dan janganlah mengenakan perhiasan seperti: arloji, kalung, gelang, dan cincin.

5. Bilamana anda bermaksud menemui pelatih, hormatlah terlebih dahulu kemudian sampaikanlah maksud anda denga sopan dan berikanlah hotmat setelah keperluan anda selesai.

6. Bilamana anda menemui kesulitan dalam berlatih dan anda memerlukan bimbingan dari pelatih, sampaikanlah kesulitan anda denagn sopan, sederhana dan jelas. Jangan suruh pelatih anda untuk mendemonstrasikan atau melakukan suatu hal, tetapi cukup jelaskan bahwa anda tidak mengerti akan suatu hal dan percayaklanlah pelatih anda akan memberikan binbingan yang baik dan benar.

7. Seluruh Taekwondoin harus patuh dan hormat terhadap pelatih Taekwondoin senior harus memberikan contoh yang baik kepada Taekwondoin yang lebih yunior.

8. Jangan mendemonstrasikan atau menjalankan Taekwondo di luar Do Jang tanpa sepengetahuan atau seizing pelatih anda. Janaganlah mencemarkan nama baik Taekwondo, pengurus, pelatih dan almamater dimana anda berlatih Taekwondo.

9. Untuk mengikuti kejuaraan atu aktivitas taekwon do ataupun seni beladiri lain, anda harus mendapatkan izin dari pelatih anda.

1 komentar: